REVIEW JURNAL (TEKNOLOGI INFORMASI)

Diposting oleh Derri on Sabtu, 12 November 2016

PENGEMBANGAN MODEL SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS WIRELESS APLICATION PROTOCOL (WAP) PADA UNIVERSITAS SRIWIJAYA





TUJUAN

      WAP membawa informasi secara online melalui internet langsung menuju Ponsel atau Handphone. Dengan adanya WAP, berbagai informasi dapat diakses setiap saat dengan menggunakan ponsel atau handphone. Perpustakaan merupakan gudang ilmu, dengan adanya perpustakaan masyarakat, dosen, mahasiswa dan siswa dapat membaca. Dengan adanya perpustakaan dosen dapat mencari literatur untuk mendukung tri dharma seperti penelitian, pangabdian dan pengajaran.

III   METODE PENELITIAN

3.1   Analisis Sistem
  Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian pendahuluan, bahwa sistem yang terjadi pada perpustakaan Universitas Sriwijaya masih bersifat Semi Digital. Untuk melakukan proses  pencarian  informasi  tentang  koleksi  terkadang  masih  manual  yaitu  di  mana pengguna untuk mengakses atau mencari referensi harus datang ke perpustakaan atau bisa dengan internet, tetapi masih terbatas untuk proses pencarian referensi. Tentunya hal itu sangat  tidak  efektif.  Dengan  perkembangan  ICT,  dan  perkembangan  kepemilikkan tekonolgi mobile (Ipad, Ponsel atau Handphone) sudah saatnya perpustakaan dapat diakses di  manapun  dakapanpun  sehingga  proses  pencarian  referensi  di  perpustkan  bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan efisien dan pengguna tidak harus datang ke perpustakaan karena semuanya sudah bisa di akses melalui teknolig mobile.
3.2.  Desain Sistem
         Dalam melakukan perancangan sistem beberapa tahapayang harus dilakukan, agar aplikasi yan dibuat dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Pada sistem Petugas akan input data seperti buku, jurnal, makalah dan

hasil penelitian. Setelah di input maka akan  masuk  ke dalam  database melalui  web  server. Pemakaatau  user dengan mudah, cepat, efisien dan efektif untuk mendapatkan referensi, informasi. Seperti yang terlihat pada gambar 5.2.1
3.3.    Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam  merancang  dan  pengembangan  perangkat  lunak  perpustakaan  dengan teknologi WAP peneliti menggunakan metode prototyping, merupakan metode pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat suatu program dengan  cepat  dan  bertahap  sehingga  segera  dapat  dievaluasi  oleh  pemakai.  Berikut tahapan-tahapan dalam metode prototyping.
IV. Hasil
4.1    Identifikasi kebutuhan Pemakai
Tahap ini adalah tahap awal yaitu mengidentifikasi kebutuhan pemakai. Pada tahap ini akan dilakukan kumunikasi antara pengembang, pemakai dan petugas perpustakaan untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk membangun sistem, dari kebutuhan data, baik data primer maupun data sekunder.
4.2  Membangun Prototyping

Setelah mendapatkan data dari berbagai sumber, langkah selanjutnya membangun prototyping awal, sebagai gambar sistem yang akan di bangun.
4.3  Menguji Prototyping
Setelah membangun prototyping, maka gambaran sistem yang akan dibangun dievaluasi  dengan  tujuan  untuk  mendapatkan  saran  dan  masukan  dari  pemakai, petugas perpustakaan. Jika pada tahap ini masih ada revisi maka harus dilakukan perbaikan.
Berbasis WAP artinya aplikasi yang dihasilkan dapat diakses dengan handphone, dan harga pulsanya sangat murah. Aplikasi yg dapat diakses dengan handphone merupkan aplikasi  yang  memberikan  kemudaha  kepada  mahasiswa,  dosen  atau  masyarakat dalam mencari katalog buku. Dengan berbasi WAP maka aplikasi ini dapat diakses di manapun, kapanpun tanpa terbatas dengan waktu. Sehingga proses pengaksesan lebih mudah, dan lebih banyak dilakukan.





KESIMPULAN

Kehadiran Aplikasi ini memaksimalkan perpustakaan, karena didalamnya terdapat Management dan strategi yang disusun baik sehingga informasi perpustakaan yang di tampilakan bisa maksimal. Aplikasi ini sesuai dengan mobilitas masyrakat sekarang  yang tinggi, selain itu fitur kerja sama antara Universitas dengan perpustakaan bisa lebih menguntungkan Mahasiswa, Dosen dan juga Siswa.


DAFTARPUSTAKA
[1]  A.  Ibrahim,  "Sistem  Pemesanan  Kamar  Hotel  Berbasis  WAP,"  Jurnal  Sistem
Informasi (JSI), vol. 2, no. 2, pp. 189-205, April 2010.
[2]  G. [Online]. Available: http://www.majalahindonesia.com/ divakar_goswami.htm.
[3]  A. Ibrahim and M. Afrina, "Pengembangan Model Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan kinerja layanan perpustakaan dan mewujudkan perpustakaan ideal berbasis digital di Fasilkom Unsri," in Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya, Palembang, 2011.
[4]  J.        Djatin        and        S.        Hartinah,        2008.        [Online].        Available:
http://www.universe.net/Website?CREATI~.html. [Accessed 15 April 2012].
[5]  D.   "Manajeme da Tata   Kerja   Perpustakaa Sekolah, Jakarta Gramedia
Widasarana Indonesia.
[6]  M. P. Yusuf and Y. Suhendra, "Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah," Jakarta, Media Prenada Media Group, 2007.
[7]  S.      [Online].      Available:      http://mkpd.wordpress.com/2008/09/08/kupas-buku- manajemen-perpustakaan- digital. [Accessed 21 Desember 2010].
[8] R.   "Fungsi   da Perana Perpustakaa Sekolah,"   2000.   [Online] Available:
http://www.ipi.or.id/Rohanda.doc. [Accessed 21 Desember 2011].
[9] Widiasa and K. I, "Manajemen Perpustakaan Sekolah. Perpustakaan Sekolah: Kajian, Metode, Praktik, dan Evaluasi Perpustakaan Sekolah," vol. 1, no. 1, pp. 8-18, April
2007.
[10] G. Subrata, Perpustakaan Digital. Pustakawan Perpustakaan UM, 2009.


SUMBER :








{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar